Peningkatan Akses Informasi Online Donasi Masyarakat Masjid Jami Al-Ikhwan saat Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia sekitar awal bulan Maret 2020. Kondisi ini memaksa pemerintah melakukan lockdown di beberapa wilayah Indonesia dan berakibat terpuruknya perekonomian Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia terkena dampak pandemic covid-19 ini karena dalam 3 bulan usaha mereka harus tutup. Melihat kondisi ini, banyak orang yang tergerak untuk memberikan donasi kepada masyarakat yang membutuhkan. Masyarakat mempercayakan pihak masjid untuk mendistribusikan donasi masyakat secara tepat guna. Banyaknya donasi yang diberikan oleh masyarakat membuat pihak Masjid Jami Al-Ikhwan kesulitan untuk mendata jumlah donasi yang sudah terkumpul. Mereka juga menyadari pendistribusian membutuhkan waktu yang lama karena semua data hanya disimpan dalam buku besar. Pihak Masjid Jami Al-Ikhwan menyampaikan kesulitan ini dan bertanya apakah bisa dibantu untuk membuatkan program aplikasi agar pendataan dan distribusi donasi ke masyarakat yang membutuhkan lebih cepat dan tepat guna. Program aplikasi yang diharapkan Masjid Jami Al-Ikhwan dapat dibuat online berbasis web. Sistem informasi online ini diberikan sebagai wujud kepedulian agar semakin banyak penerima donasi merasakan manfaatnya. Sistem informasi online ini diberikan dengan tujuan agar pihak Masjid Jami Al-Ikhwan dapat meningkatkan kualitas diri dan kualitas akses informasi secara online sehingga donasi dapat tercatat dengan baik dan dapat di distribusikan ke masyarakat yang membutuhkan secara tepat guna. Pelatihan dan pendampingan kepada admin penerima donasi dilakukan secara bertahap dan sesegara mungkin.