Peningkatan Kualitas Layanan Surat Pengantar RT Melalui Pembuatan Aplikasi Daring SIP-RT
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pelayanan publik dengan tujuan efektifitas dan efisiensi pelayanan mutlak kewajiban amanat Undang-Undang tentang informasi dan transaksi elektronik. Dengan perkembangan pengguna internet di Indonesia yang mencapai 64,8% dari jumlah penduduk menunjukan bahwa penggunaan layanan berbasis internet dapat diterapkan. Kendala yang ada saat ini adalah kemampuan pejabat publik dalam mengembangan penggunaan teknologi informasi. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan mempercepat pelayanan surat pengantar bagi warga dilokasi mitra melalui pemanfaatan teknologi informasi. Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan metode siklus pengembangan sistem pada bulan Januari sampai Juli 2020 di wilayah RT.01 RW.11 Kelurahan Rawa Badak Utara Kecamatan Koja Kota Administrasi Jakarta Utara Propinsi DKI Jakarta. Hasil kegiatan berupa aplikasi pelayanan surat pengantar dan iuran bulanan RT yang melayani warga dilokasi mitra, dimana proses pelayanan dari pendataan sampai pencetakan surat pengantar dapat dilakukan secara mandiri oleh warga melalui jaringan internet.