Pemanfaatan Digital Marketing Pada Bank Sampah PCH
Abstract
Sampah adalah sisa produk yang sudah tidak digunakan lagi. Bank sampah merupakan tempat untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Beberapa jenis sampah dapat didaur ulang dan digunakan kembali. Bank sampah dapat mengolah sampah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual jika sudah diubah menjadi bentuk lain yang berguna bagi masyarakat. Sampah yang telah dipilah bisa diubah menjadi tas, dompet, tempat gelas, taplak meja, tikar dan pot bunga. Selama ini produk kerajinan tangan yang dibuat oleh bank sampah hanya dipajang di etalase saja sehingga peminatnya tidak banyak. Digital marketing adalah strategi pemasaran menggunakan internet dan media sosial. Beberapa keunggulan dari penggunaan digital marketing adalah jangkauan pemasaran produk menjadi semakin luas dan produk bisa dilihat 24 jam setiap hari. Saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan digiral marketing untuk mempromosikan produknya. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk promosi secara online. Instagram, Facebook dan Whatsapp bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan hasil kerajinan tangan yang sudah dibuat oleh bank sampah. Pada pengabdian kepada masyarakat ini, kami bekerja sama dengan bank sampah PCH untuk dapat mengenalkan produk hasil kerajinan tangan kepada masyarakat luas. Pelatihan digital marketing ini ditujukan untuk pengelola bank sampah PCH secara secara daring dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil kuesioner post-test yang diberikan, 75% sangat paham terhadap materi yang diberikan dan peserta telah memiliki kemampuan menggunakan digital marketing untuk mempromosikan produk bank sampah secara online.