Pendampingan Sistem Layanan Publik Desa Digital Desa Ciwaruga Dan Desa Cigugur Girang
Abstract
Desa digital merupakan suatu konsep pelayanan kepada masyarakat berbasis TIK yang dilakukan oleh suatu desa. Peran desa digital salah satunya adalah memberikan pelayanan administrasi desa yang cepat dan efisien. Salah satu kebutuhan dari desa Ciwaruga dan desa Cigugur Girang adalah mampu memberikan layanan optimal walaupun dalam masa pandemi seperti saat ini. Dalam mengenalkan konsep desa digital dan mengimplementasi layanan desa digital, dilakukan pendampingan kepada masyarakat, kader dan perangkat desa Ciwaruga dan desa Cigugur Girang berupa kegiatan webinar secara daring yang melibatkan pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat, perangkat desa dan masyarakat desa. Dilanjutkan dengan pelatihan sistem DigiDesa yang merupakan layanan sistem desa digital yang digunakan oleh perangkat desa dan masyarakatnya. Dari kegiatan webinar yang telah dilakukan diperoleh suatu kesimpulan bahwa pengetahuan dan pemahaman peserta kegiatan webinar mengenai apa, bagaimana dan implementasi desa digital meningkat sebesar 89%. Sementara itu, dari hasil implementasi pelatihan sistem digital desa yang dilakukan kepada perangkat desa, kader dan masyarakat desa, 93% menyatakan bahwa aplikasi mampu membantu fungsi dan peran desa, mudah digunakan, memenuhi kebutuhan akan efektifitas dan efisiensi pelayanan, serta sesuai dengan kebutuhan permasalahan yang dihadapi.