SEKILAS JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi)

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh organisasi profesi Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) dalam membantu para akademisi, peneliti dan praktisi untuk menyebarkan hasil penelitiannya.

Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) merupakan lembaga/organisasi profesi di bidang informatika yang merangkul semua insan informatika untuk berperan aktif dalam mengembangkan profesi informatika di Indonesia. Dalam panduan Dikti, terkait pengelola Jurnal merupakan salah satu wewenang organisasi profesi dengan penilaian 4. Oleh karena itu Jurnal ini hadir dalam rangka mengemban tugas tersebut.

Jurnal RESTI  (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) adalah sebuah jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam  bidang Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi namun tak terbatas secara implisit. Semua publikasi di junal RESTI bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun.

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) (e-ISSN: 2580-0760) adalah jurnal nasional, yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi namun tak terbatas secara implisit serta bebas biaya dalam Proses Submisi.

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) telah diakreditasi oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) yang dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia dengan Kelas Dua (Peringkat 2, Sinta 2) sejak tahun 2019 berlaku surut dari tahun 2017 s.d 2021 sesuai dengan keputusan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti No. 10/E/KPT/2019.

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) telah diindeks DOAJ, Google Scholar, PKP Indeks, One Search, Base, ISJD, Garuda, Open Aire, Crossref dan Dimension. Serta semua naskah telah dilengkapi dengan DOI. Paper yang dipublikasikan harus mengikuti panduan sesuai template Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi). Silahkan download panduannya di sini. Template RESTI

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) menerbitkan paper secara berkala enam kali setahun yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Semua publikasi di jurnal RESTI bersifat terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan.

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal  RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi)  dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Rekayasa Sistem, Teknik Informatika/Teknologi Informasi, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas dan sebagai sumber referensi akademisi di bidang Teknologi dan Informasi.

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) menerima artikel ilmiah dengan lingkup penelitian pada:

  1. Rekayasa Sistem
  2. Sistem Pakar
  3. Sistem Penunjang Keputusan
  4. Data Mining
  5. Sistem Kecerdasan Buatan
  6. Jaringan Komputer
  7. Teknik Komputer
  8. Pengolahan Citra
  9. Algoritma Genetik
  10. Perancangan Sistem Informasi
  11. Business Intelligence and Knowledge Management
  12. Database System
  13. Big Data
  14. Energy Management
  15. Enterprise Computing
  16. ICT and Islam
  17. Technology Management
  18. Topik kajian lainnya yang relevan

Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.

MARI GIATKAN PUBLIKASI YANG BERKUALITAS : IKATAN AHLI INFORMATIKA INDONESIA.

Salam Giat Publikasi

Dr. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom
Chief Editor