Pengembangan Aplikasi Knowledge Management System Helicopter Landing Officer Pada PT Pacific Aviation Indonesia
Abstract
Berdasarkan informasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), tingkat kecelakaan penerbangan Indonesia dari tahun 2010 sampai 2016 yaitu sebanyak 212 kejadian. Sebanyak 67,12% dari faktor penyebab kecelakaan penerbangan adalah faktor manusia. Hal tersebut membuktikan bahwa banyak yang tidak memahami apa yang harus dipersiapkan atau dilakukan ketika menghadapi permasalahan di lapangan, terutama permasalahan yang belum tercantum dalam Standar Operasional Prosedur. Kejadian ini menjadi perhatian khusus untuk aktivitas Helicopter Landing Officer (HLO) dalam penerbangan. Personil HLO kurang berkolaborasi dalam proses pendokumentasian dan penyebaran pengetahuan karena belum adanya manajemen pengetahuan yang tersistematis. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan sebuah Knowledge Management System melalui pendekatan Lesson Learned System berbasis mobile. Hasil pengujian menggunakan User Acceptance Test (UAT) menunjukkan bahwa 92% pengguna menerima Knowledge Management System yang dihasilkan pada penelitian ini.
Downloads
Copyright (c) 2017 Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright in each article belongs to the author
- The author acknowledges that the RESTI Journal (System Engineering and Information Technology) is the first publisher to publish with a license Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors can enter writing separately, arrange the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institutional repository, publication in a book, etc.), by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in the RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) journal ;